BISNIS BARENG TEMAN?



Apa saja kelebihan dan kekurangan berbisnis dengan teman atau sahabat? Berikut ini beberapa plus minus berbisnis dengan teman atau sahabat :

KELEBIHANNYA :
  • Join bisnis dengan teman atau sahabat,  urusan permodalan menjadi lebih mudah diperoleh. Dibandingkan jika kita ingin memulai bisnis sendiri dan nggak pusing puter otak darimana modal tersebut kita peroleh..???, tetapi  jika bersama teman atau sahabat jumlah modal untuk membangun usaha bisa dibagi bersama.
  • Kamu tentunya sudah mengenal karakter temanmu dan kemampuannya selama ini. Sehingga lebih mudah memahami satu sama lain baik kompetensi dalam menjalani bisnis maupun personalitinya.
  • Otomatis kamu memiliki partner bisnis yang dekat dalam menghadapi naik turunnya bisnis tersebut. Teman atau sahabatmu itu bisa menguatkanmu saat menghadapi masa-masa sulit dalam menjalani usaha dan tersenyum bersamamu saat meraih keuntungan.

KEKURANGANNYA :
  • Seringkali kita memandang teman atau sahabat. Dan kita adalah partner tidak ada bawahan dan atasan, tidak jelasnya hal tersebut menyebabkan tidak jelasnya job description. Dan pembagian bagi hasil serta resiko kerugian yang ditimbulkan dari masing-masing pihak.
  • Satu, dua kepala atau lebih pasti banyak memiliki persepsi dan pendapat yang berbeda-beda. Terkadang rasa sungkan juga menjadi penghambat dalam menjalaninya. Sehingga tak jarang keputusan yang diambil berdasarkan keinginan sepihak saja.
 
COBALAH TIPS INI :
  • Bersikaplah lebih professional. Bedakan hubungan bisnis dengan hubungan teman atau sahabat. Buatlah job desc yang jelas, kalau perlu buatlah perjanjian bisnis hitam diatas putih.
  • Perjelaslah pembagian hasil, jangan sampai kamu dan dia meributkan masalah pembagian hasil ketika bisnis berjalan. Perjelalah semuanya dari awal hingga akhir.
  • Bekal utama dalam menjalani bisnis bersama adalah kepercayaan dan kejujuran. Biasanya bisnis yang berjalan akan runtuh jika kedua hal tersebut tidak berjalan dengan baik.
copas dari : sini

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © BUKAN FIKSI